Tokoh Tionghoa: Soal Ahok, Taipan Balik Badan

by
Tokoh Tionghoa Lieus Sungkharisma. Foto: Netralnews.com

Wartapilihan.com, Jakarta – Tokoh Tionghoa Lieus Sungkharisma mengamini bahwa para taipan turut mendukung Ahok menjadi penguasa. Namun sejak prilaku Ahok melukai perasaan umat Islam, para konglomerat Tionghoa meninggalkan dukungannya kepada Ahok.

“Sekarang semuanya balik badan,” kata Lieus kepada Warta Pilihan di Kantor MUI Pusat, Jalan Proklamasi, Jakarta, Jum’at (3/2).

Koordinator Forum Rakyat itu mengatakan, dukungan para pengusaha Tionghoa kepada Ahok lebih karena faktor emosional etnis dan agama. Mereka bangga ada etnis Tionghoa mampu memimpin Jakarta. Tapi, kata Lieus, itu dulu, sekarang semuanya berubah.

“Sekarang, ampun. Gak ada yang sanggup,” jelasnya.

Sebaliknya, Lieus mengaku salut dengan umat Islam Indonesia. Meski direndahkan Ahok berkali-kali, umat Islam tetap sabar dan tidak melakukan tindak kekerasan.

“Saya lihat umat Islam Indonesia luar biasa bijak. Kalau di luar negeri (Ahok) sudah tamat,” paparnya.

Lebih lanjut Lieus mengatakan, seharusnya Ahok ditangkap usai menuduh peserta aksi 212 sebagai masa bayaran. Namun pemerintah terkesan melindungi Ahok.

“Ini umat marah karena tidak ada ketidakadilan. Ini masalah hukum, ini gak ada urusan dengan antar golongan. Tegakkan hukum. Tahan penista agama,” pesannya.

Reporter: Pizaro