KAPAN KHILAFAH BERAKHIR?

by

 Oleh: Dr. Adian Husaini (www.adianhusaini.id)

            Diskusi tentang “Kapan Khilafah berakhir”  sudah berlangsung selama ratusan tahun. Banyak pendapat muncul tentang masalah ini. Dan itu wajar terjadi, sebab memang ada sejumlah hadits Nabi Muhammad saw yang memberikan beberapa indikasi tentang berakhirnya khilafah.

Dalam buku “Ensiklopedi Akhir Zaman”, Dr. Muhammad Ahmad al-Mubayyadh mendiskusikan masalah ini dengan cukup mendalam. Ada beberapa hadits Nabi saw yang mengabarkan tentang hal itu.

  • “Khilafah kenabian berlangsung selama 30 tahun. Kemudian, Allah akan mendatangkan kerajaan (al-mulk), atau kekuasaannya, kepada orang yang dikehendakinya.” (HR Abu Dawud).
  • Dalam hadits dari Hudzaifah Ibnul Yaman disebutkan, bahwa masa kenabian akan berakhir dan akan digantikan dengan khilafah ‘ala minhaj al-nubuwwah; setelah itu tiba masa “mulkan ‘aadhan” ’lalu datang era “mulkan jabriyyatan”, dan akan datang lagi masa “khilafah ‘alaa minhaj al-nubuwwah”.  (HR Ahmad).
  • Rasulullah saw pernah bersabda, bahwa  Islam akan terus berjaya selama di bawah naungan 12 Khalifah. Semuanya berasal dari Quraisy. Semua khalifah itu pun didukung oleh umat. Permusuhan orang-orang yang melawan mereka, tidak menggoyahkan mereka.

Berdasarkan hadits-hadits tersebut, jelas disebutkan, bahwa era Khulafa al-Rasyidun (Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali – ada yang menyebut Hasan – radhiyallaaahu ‘anhum), berlangsung selama 30 tahun. Dan itu benar terjadi. Masa Khulafa al-Rasyidun berlangsung selama 632-661 M.

Setelah itu, kata Rasulullah saw, akan muncul “mulkan ‘aaddhan”. Secara umum, dalam sejarah Islam, pernah muncul beberapa dinasti pemerintahan yang memiliki kekuatan besar dan wilayah yang luas. Misalnya, Daulah Umayyah (661-750 M), Abbasiyah (750-1258 M), Ayyubiyah (1171-1341 M), Mamluk (1250-1517), Moghul (1526-1857), Utsmaniyyah (1299-1924).

Pendapat tentang “kapan berakhirnya kekhalifahan” ternyata sangat ramai. Sebagian ulama berpendapat, bahwa 12 khalifah itu hanya terjadi selama periode Khulafa al-Rasyidun dan Bani Umayyah saja. Ada yang berpendapat bahwa 12 khalifah itu terjadi sampai akhir zaman. Penulis buku tersebut mengambil pendapat bahwa 12 Khilafah yang disebut oleh Rasulullah saw itu hanya terjadi pada masa Khulafa al-Rasyidun dan Bani Umayyah saja. Meskipun, bisa jadi, setelah itu ada juga para khalifah yang memiliki kejayaan  seperti sebelumnya.

Lanjut baca,

http://member.adianhusaini.id/member/blog/detail/kapan-khilafah-berakhir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *