REKRUTMEN RELAWAN ARM HA-IPB ANGKATAN-II

by

Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) menggelar pelatihan Dasar-dasar Volunteering dan Pengenalan ARM HA-IPB pada Rabu, 20 Oktober 2021.

Wartapilihan.com, Bogor– Pelatihan diselenggarakan bagi Civitas Academica dan Alumi IPB serta masyarakat umum yang berminat untuk bergabung sebagai calon Relawan Utama dan Sahabat ARM. Pelatihan ini merupakan bagian dari program rekrutmen Relawan ARM HA-IPB Angkatan II tahun 2021.

Dalam pelatihan yang diselenggarakan secara online ini, 69 orang mendaftarkan diri sebagai peserta. Sebanyak 27 orang mendaftarkan diri sebagai Relawan Utama, sementara 42 orang lainnya mendaftarkan diri sebagai Sahabat ARM.”Pelatihan dan perekrutan ini merupakan bagian dari rencana ARM HA-IPB untuk membangun sumber daya manusia yang kapabel sebagai ujung tombak giat kemanusiaan. Juga sebagai komitmen ARM HA-IPB dalam membuka kesempatan para alumni dan masyarakat untuk menyalurkan energi positif mereka dalam bidang kemanusiaan,” kata Ketua Umum ARM IPB Ir. Ahmad Husein M.Sc., dalam sambutannya.

Relawan Utama adalah para mahasiswa dan mahasiswi IPB yang telah duduk di semester 7, serta alumni IPB dengan usia maksimal 35 tahun, yang bergabung dalam relawan ARM HA-IPB. Dengan menandatangani surat perjanjian untuk masa bakti satu tahun dan dapat diperpanjang, mereka bersedia aktif secara fisik dalam berbagai kegiatan kerelawanan ARM HA-IPB.

Fatih Irsyadi Muhammad, mahasiswa semester 7 dari FEM angkatan 54, mengaku bergabung dengan ARM HA-IPB karena ingin menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama manusia. “Saya ingin banyak bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ujarnya. Siti Nadia Nurul Azizah, mahasiswa semester 7 dari FMIPA angkatan 54, juga berharap agar dirinya, “bisa memberikan kontribusi sekecil apapun, agar bisa bermanfaat dan berdampak bagi orang lain.”

Adapun Sahabat ARM HA-IPB adalah mereka yang telah berusia 18 tahun ke atas dan bersedia membantu kegiatan ARM HA-IPB bila dibutuhkan, baik secara fisik, sumbangan pemikiran, finansial, dan lain-lain, sesuai kemampuan dan kesepakatan bersama. “Saya semata mencari kebaikan, seperti halnya sedekah, membantu orang lain, dan sebagainya. Kebetulan banyak kawan yang sudah berkiprah di ARM,” kata Saiful Arumsyah, S.Pi, Alumni ITK 26 yang bergabung menjadi Sahabat ARM HA-IPB.

Pelatihan hari ini terbagi dalam dua sesi materi dan satu sesi sharing pengalaman. Materi pertama, Volunteer dan Volunteering dibawakan oleh Ketua Bidang Sumber Daya Manusia ARM HA-IPB, Ir Agoes Susilo J.P. Materi kedua, Profil ARM, Visi, Misi, dan Positioning ARM dipandu langsung oleh Ketua Umum ARM HA-IPB Ir. Ahmad Husein M.Sc., sementara sharing pengalaman berkiprah di ARM digawangi oleh Sekretaris Jenderal ARM HA-IPB, Ir. Agus Rusli, bersama para Ketua Bidang di ARM.

Sebelum memulai aktifitas sebagai Relawan Utama maupun sahabat ARM, semua peserta harus mengikuti pelatihan Dasar-dasar Volunteering dan Pengenalan ARM HA-IPB. Sementara untuk aktif sebagai Relawan Utama, mereka juga harus mengikuti pelatihan Dasar-dasar Manajemen Bencana secara penuh secara offline. Pelatihan akan digelar pada Ahad, 24 Oktober 2021 nanti. Setelah mengikuti dua pelatihan dasar ini, barulah secara resmi mereka menjadi bagian dari relawan ARM-HA IPB, dan siap diturunkan dalam berbagai aksi kerelawanan.

###

Info lebih lanjut silakan hubungi:

AKSI RELAWAN MANDIRI HIMPUNAN ALUMNI IPB (ARM HA-IPB
Agus Rusli, Sekretaris Jenderal

Telp: +62 812 108 4366

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *