Pengantar Artikel: Peran Asing dalam G-30-S 1965

by

Hanibal W Y Wijayanta
Wartawan Senior

Mumpung masih sekitar 1 Oktober, saya ingin membagikan tulisan saya tentang peristiwa G 30 S 1965. Tulisan berikut ini adalah makalah yang saya susun saat saya diundang sebagai salah satu pembicara dalam Seminar G 30 S PKI dan Ancaman Komunis di PP Muhammadiyah setahun yang lalu. Tadinya makalah ini konon akan dimuat di salah satu majalah yang diterbitkan oleh PP Muhammadiyah tapi ternyata hingga saat ini saya belum mendapatkan kabar tentang hal itu. Maka saya ingin membagikan makalah ini kepada kawan-kawan semua agar lebih bermanfaat.

Makalah ini sebenarnya merupakan pengembangan dari bagian akhir tulisan yang pernah saya tulis dan kemudan dikumpulkan dalam buku “Dari Kata Menjadi Senjata”. Dalam buku itu, tulisan saya yang berjudul “Menebak Dalang di Tengah Gelanggang” berada di halaman 387 hingga 432. Tulisan itu, membahas tentang berbagai teori dalang Gerakan 30 September 1965, mulai dari soal PKI sebagai dalang sebagaimana versi resmi pemerintah Orde Baru, keterlibatan Presiden Soekarno dalam peristiwa itu, kemudian versi persoalan internal Angkatan Darat ala Cornell Paper dan para penyokong teori ini, lalu soal teori Jenderal Soeharto sebagai dalang menurut versi Profesor Wertheim dan pendukung teorinya, dan terakhir soal keterlibatan asing.

Untuk empat teori dalang pertama, rasanya sudah umum dan sudah biasa diperbincangkan di tengah masyarakat kita. Soal dugaan keterlibatan CIA dan MI-6, juga sudah sering kali dibahas. Tapi banyak yang belum faham tentang keterlibatan Republik Rakyat Cina pada saat itu. Sebab, datanya memang agak terbatas, akibat kendala bahasa serta alasan pengamanan. Untunglah ada ilmuwan Cina, Taomo Zhou, yang sempat menerjemahkan dan menulis monogram tentang pertemuan aidit dengan Ketua Mao.

Monogram Zhou sempat diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, bersama beberapa penulis lainnya. Tapi saya lihat sudah tidak beredar di toko buku. Dalam tulisan ini juga saya tambahkan pandangan Ketua Umum Partai Komunis Cina Mao Zhe Dong tentang G-30-S, yang bahannya baru saya dapatkan belakangan. Nah, jika anda ingin mendalami, silakan anda menyimaknya. Saran saya, selanjutnya bacalah buku-buku yang saya kutip untuk tulisan saya ini…

Tulisan/Makalah yang dimaksud, http://wartapilihan.com/peran-asing-dalam-g-30-s-1965/

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *