Massa ‘Konser Putih Bersatu’ Tidak Kooperatif Jaga Kebersihan GBK

by

Petugas kebersihan harus berjibaku dengan peluh-kesah mengembalikan kebersihan dan keindahan GBK seperti sedia kala.

Wartapilihan.com, Jakarta — Kampanye ‘Konser Putih Bersatu’ pasangan Jokowi-Maruf telah usai. Namun ada hal yang membekas bagi petugas yang sehari-hari berada di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), yaitu petugas kebersihan.

Mereka sangat mengeluhkan banyaknya bekas makanan kotak dan air mineral yang berserakan di sekitar GBK. Padahal, jumlah sumber daya mereka sangat terbatas untuk membersihkan area dalam dan luar GBK.

Hal itu dikeluhkan salah satu petugas kebersihan asal Lampung yang enggan menyebutkan namanya. Meskipun petugas telah membersihkan area GBK dari sampah makanan dan minuman, namun tetap saja sampah itu seperti tidak ada habisnya bahkan berada di beberapa titik area GBK.

“Lelah sekali kita bang, banyak banget sampahnya. Ampun dah,” ujarnya, mengeluhkan kondisi GBK yang sangat berubah 180 derajat dari biasanya.

Bahkan, ia juga mengeluhkan toilet yang digunakan oleh peserta sebagai sarana kebersihan. Toilet itu juga tampak sangat becek, banyak genangan air disertai banyaknya kemasan makanan serta puntung rokok yang berserakan.

Padahal, sejak awal kedatangan massa ‘Konser Putih Bersatu’ ke GBK, para petugas SUGBK berkali-kali mengingatkan melalui pengeras suara agar para peserta kampanye membuang sampah di tempat yang telah disediakan serta menjaga kebersihan di area Stadion.

Namun, sepertinya imbauan itu tidak digubris. Seolah angin berlalu, sisa-sisa makanan dan bungkusan tercecer dimana-mana. Alhasil, petugas terbebani dengan kondisi GBK yang kotor. Bukan soal pengerjaannya, melainkan karena sikap peserta yang tidak dapat kooperatif dalam menjaga sarana umum milik seluruh warga Jakarta dan rakyat Indonesia.

“Kami mengimbau kepada para pengunjung dapat menjaga kebersihan, buanglah sampah ke tempat sampah yang telah disediakan. Untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan asri dan demi kenyamanan kita bersama,” seru petugas area SUGBK melalui pengeras suara.

Adi Prawiranegara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *