Ledakan di Terowongan, 2 Warga Palestina Tewas

by
Saudara dari salah satu dari dua warga Palestina yang tewas dalam pengeboman sebuah terowongan dekat perbatasan Mesir berduka di sebuah rumah sakit di Rafah di selatan Jalur Gaza 9 Februari 2017. REUTERS / Ibraheem Abu Mustafa

Wartapilihan.com, Gaza РKementerian Kesehatan Gaza mengatakan sebuah bom Israel meledak di terowongan dekat perbatasan Mesir menewaskan dua warga Palestina pada hari Kamis (9/2), seperti dilansir Reuters. Namun, militer Israel membantah terlibat.

Juru bicara Departemen Kesehatan Gaza mengatakan dalam sebuah pernyataan, kedua orang itu “gugur dan lima orang lainnya luka-luka akibat serangan yang ditargetkan oleh pesawat perang Israel di sepanjang perbatasan Mesir-Palestina.”

Seorang juru bicara militer Israel mengatakan, ia tidak mengetahui serangan yang terjadi sebelum fajar itu.

Beberapa jam sebelumnya, militer Israel mengatakan telah menghalau beberapa roket yang ditembakkan dari Semenanjung Sinai Mesir di kota Israel selatan Eilat. Salah satu roket mendarat di daerah terbuka dan tidak menyebabkan korban atau kerusakan, kata polisi.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas penembakan roket tersebut.

Sebelumnya, kelompok ISIS yang berhubungan dengan kelompok di Sinai telah mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut

Pemerintah Mesir menuduh Hamas membantu militan yang ada di Sinai. Namun, Hamas membantah tuduhan tersebut.

Perbatasan Israel-Gaza sebagian besar relatif aman dalam beberapa bulan terakhir. Namun, pada hari Senin (6/2), sebuah roket yang Israel mengklaim diluncurkan oleh pejuang Palestina menarik beberapa serangan Israel yang menargetkan Hamas.

Israel mengatakan bahwa Hamas mengemban tanggung jawab keseluruhan untuk apa yang terjadi di wilayah ini.

Hamas telah menaati gencatan senjata de-facto dengan Israel sejak perang 2014, tetapi sel-sel kelompok bersenjata kecil Jihadis telah menentang perjanjian dan sesekali meluncurkan roket ke Israel.

Ketika serangan-serangan terjadi, Hamas biasanya memerintahkan pejuangnya untuk mengosongkan target yang menjadi potensi tempat pembalasan Israel.

Dalam beberapa tahun terakhir, Mesir telah menghancurkan hampir 2.000 terowongan penyelundupan yang menyediakan barang-barang untuk dua juta warga Gaza. Gaza berada di bawah blokade angkatan laut Israel.

Mesir baru-baru ini telah melonggarkan kontrol di perbatasan dengan Gaza. | Sumber: Reuters

Reporter: Moedja Adzim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *