Haerudin: Bebaskan Didin Penangkap Sonari

by

WARTAPILIHAN.COM, Jakarta. Haerudin, S.Ag., MH. anggota DPR RI dapil Jabar XI dari fraksi PAN menyatakan keberatannya terhadap kasus yang menjerat Didin berupa tindakan menangkap cacing Sonari dan dituduh melakukan penebangan liar seluas 35 hektare, di sekitar area Taman Nasional Gunung Pangrango.

“Atas nama pribadi dan sesama anak bangsa, saya minta saudara Didin agar dibebaskan, karena kasus yang dituduhkan terkesan dipaksakan dan mengada-ada,” ujarnya ketika Rapat Paripurna DPR RI ke 26, Selasa, (30/5).

“Karena penangkapan Didin tidak disertai alasan penangkapan yang jelas. Didin hanya masyarakat biasa yang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan sehari-sehari sebagai tulang punggung keluarga,” lanjut Haerudin.

Penangkapan Didin warga Kampung Rarahan RT 06/08 Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat akibat mengambil cacing Sonari atau cacing Kalung di sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Pangrango (TNGP).

Kasus ini mencuat karena warga sendiri tak menyangka, pasalnya kegiatan menangkap cacing Sonari atau cacing Kalung ini merupakan hal yang biasa dan sudah berlangsung sejak lama. Umumnya warga menggunakan cacing ini untuk pengobatan tradisional.

Cacing sonari merupakan hewan yang hidup di tanah. Lubangnya sebesar jempol orang dewasa dengan kedalaman 1 sampai 5 meter.

Untuk mendapatkan cacing itu, mesti dilakukan penggalian tanah. para pencari cacing menggunakan sinso untuk memotong pohon yang menghalangi lubang cacing.

“Kami periksa ke lokasi, banyak lubang di tanah dan pepohonan tumbang. Kerusakan hutan konservasi dalam catatan kami karena aktivitas pencari cacing itu mencapai 20 hektare,” ujar Adison, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede (TNGG) Pangrango yang dilansir Tribun Jabar, 12 Mei 2017 lalu.

Didin ditangkap karena dianggap sebagai penyuplai cacing kepada pembeli. Karena hal itu, sejak bulan Maret, Didin diperkarakan di pengadilan.

Reporter: Eveline Ramadhini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *