Pilot Jet Suriah Ditemukan di Turki

by
Rumah Sakit di Hatay. Foto: World Bulletin

Wartapilihan.com, Hatay – Jet tempur Suriah dilaporkan jatuh di provinsi Hatay, Turki, pada Sabtu malam. Namun, pilot berhasil diselamatkan usai misi pencarian selama 9 jam. Pilot Suriah tersebut berhasil keluar sebelum kecelakaan. Laporan mengatakan, beberapa tulang belakang patah, tetapi tidak dalam kondisi kritis seperti dikutip dari BBC, Ahad (5/3). Kini pilot tersebut dirawat di rumah sakit di Provinsi Hatay.

Sumber militer Suriah yang dikutip stasiun televisi rezim mengatakan, pesawat hilang kontak saat melaksanakan misi pengintaian di dekat perbatasan Turki pada Sabtu (4/3). Hingga kini, Pemerintah Suriah belum memberikan penjelasan resmi ihwal jatuhnya jet mereka.

Namun, kelompok oposisi Suriah Ahrar al-Sham mengaku berada di balik penembakan itu. Juru Bicara Ahrar Sham, Ahmed Karaali mengatakan, kelompoknya telah menggunakan senjata anti-pesawat untuk menembak.

“Kami menembak pesawat dengan senjata anti-pesawat berpeluru 23mm setelah melakukan serangan bom dalam posisi rendah di daerah pedesaan Idlib,” kata dia kepada Anadolu Agency.

Ia menambahkan, jet Suriah tersebut mengalami kerusakan teknis usai penembakan. “Lalu kita melihatnya (jet) jatuh ke daratan,” imbuhnya.

Sebuah video yang diposting Ahrar Syam menunjukkan kelompoknya menembaki jet yang terbang di atas mereka.

Sebelumnya, Perdana Menteri Turki Binali Yildirim mengatakan satu jet militer Suriah telah jatuh di dekat perbatasan Suriah-Turki.

“Ada keterangan satu pesawat jenis MiG yang diperkirakan milik Pemerintah Suriah jatuh di Hatau (Provinsi di suriah Selatan),” katanya. Ia menyatakan pilot pesawat tersebut dilaporkan telah melompat dari pesawat itu.

Reporter: Pizaro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *