Pengalaman Belajar IT di At-Taqwa College

by

Muhammad Fadhlan Adzim ( Mahasiswa ATTAQWA College Depok)

Sabtu 12 Oktober hingga Senin 14 Oktober 2019, seluruh mahasiswa At-Taqwa College mengikuti kuliah Teknologi Informasi yang dijalani secara intensif. Ini merupakan pertemuan kedua kalinya setelah pertemuan pertama diadakan sekitar sebulan sebelumnya.

Wartapilihan.com, Depok– Kuliah ini dibimbing langsung oleh pakar Teknologi Informasi, Dr. Ir. Munawwar, MMSI., M.Com. Pembelajaran kali ini membahas tentang algoritma. Dalam tiga hari, diharapkan para mahasiswa dapat memahami logika sistem komputasi serta mampu mengerjakan proyek yang akan diberikan secara kelompok ataupun individu.

Sebelum kami masuk ke materi, Dosen pendamping, Ir. Kusnadi, memberi pengantar tentang materi apa saja yang akan dibahas. Ia menceritakan pengalamannya berkutat dengan dunia pemrograman dan sebagai pengguna teknologi informasi yang diterapkan di perusahaan internasional. Selama itu, ia menggunakan sistem flowchart, dimana suatu masalah akan diuraikan dalam bentuk diagram yang saling terhubung. Diagram itu akan menuntun dari awal permasalahan hingga pemecahan masalah. Selama ini, kebanyakan kita memecahkan masalah dengan cara yang simpel, tanpa memperhatikan secara detail alur pemecahannya.

Banyak hal yang tidak kita sadari bahwa ada beberapa kebiasaan orang yang merupakan suatu kesalahan. Dengan mempelajari ini, nantinya cara berfikir dapat tersusun sehingga kesalahan kecil akan terlihat serta dapat diatasi, bahkan kesalahan dari kebiasaan kita sehari-hari.

Setelah beberapa penjelasan, lalu kami dikasih kesempatan untuk membaca modul terlebih dahulu. Ada 14 modul yang akan kami pelajari. Kami dipersilahkan untuk mendownloadnnya lewat website Ust. Munawar. Modul yang harus kami download adalah modul materi pertama hingga kelima. Kesemua modul itu berbahasa Inggrisdan membahas tentang algoritma pada Teknologi Informasi. Didalamnya terdapat banyak sekali istilah-istilah dalam dunia komputasi. Mungkin bagi pemula, istilah-istilah ini akan terdengar asing, namun hal itu tidaklah mustahil untuk dimengerti.

Kami mulai membaca modul-modul tersebut. Saat membaca, kami juga berdiskusi untuk memahami istilah-istilah di dalamnya. Hingga akhirnya, kami menghentikan bacaan kami ketika adzan Dzuhur berkumandang.

Lantas kami merapikan kelas, lalu berangkat ke Musholla. Setelah sholat, kami kembali ke kelas lalu membaca lagi materi-materi yang ada di modul. Salah satu materinya adalah Pseucode. Pseucode ini yang biasanya para programmer gunakan saat ingin membangun suatu start-up.

Sekitar 30 menit kami mencoba memahami lagi materi-materi itu, Dr. Munawar pun datang. Beliau membuka kuliah dengan memberikan pengantar singkat terkait materi-materi yang ada di modul.
Masuk pada pembahasan terhadap suatu masalah, kami diajarkan untuk menguraikan suatu kasus dalam bentuk flowchart/diagram alur.

Diagram ini dimulai dengan memasukkan titik start, input masalah, dan sebagainya. Lalu beliau menjelaskan bahwa terdapat istilah konstanta dan variable. Keduanya memiliki perbedaan. Konstanta merupakan data yang sudah ditentukan jumlahnya, sedangkan variable merupakan data yang bersifat dinamis, bisa berubah sesuai yang dimasukkan oleh pengguna.

Beliau menjelaskan bahwa jika kami bisa menyusunnya dalam flowchart, berarti cara berfikir sudah terstruktur. Sehingga nantinya dapat memberikan argumentasi-argumentasi dalam hal apapun.

Setelahnya, kami diberi studi kasus. Kasusnya terkait tes masuk ke suatu sekolah. Konstanta yang terpapar adalah batas jumlah pendaftar, nilai minimal, umur, dan klasifikasi nilai yang berhak mendapat beasiswa. Kami mulai mencari cara untuk membuat sistemnya. Dari mulai input masalah, hingga titik keputusan.

Hal itu masih terasa sulit bagi kami karena baru pertama kali menghadapinya. Kuliah hari itu berakhir pada jam 17.00. dengan pemberian tugas terhadap masing-masing mahasiswa dan dikumpulkan besoknya.

Kami mulai masuk kedalam praktikum. Kuliah hari itu dimulai pada pagi jam 08.30. Dr. Munawar meminta kami untuk mendownload aplikasi Dev C++ serta Power Designer. Kedua aplikasi ini akan digunakan selama kuliah. Pelajaran pun dimulai dengan me-review sedikit materi sebelumnya. Mulai dari logika algoritma hingga pemetaan masalah dengan flowchart.

Setelah semuanya selesai mendownload Dev C++, kami mulai masuk pada latihan-latihan yang terdapat di modul. Salah satunya adalah membuat suatu data yang menampilkan hasil penjumlahan sederhana. Banyak sekali perintah computer untuk mengolah data, seperti perintah printf, scanf, cout, chin, dan sebagainya.

Seluruh command diatas memiliki hasil berbeda-beda. Keragaman command ini nantinya akan dapat divariasikan ketika membuat suatu sistem. Kami diberi tugas untuk membuat suatu perhitungan sederhana dengan menggunakan perintah-perintah tadi kedalam C++.

Sebagian dari kami ada yang paham, lalu membagikan serta menjelaskan bagaimana dia menyusunnya. Memang dirasa cukup rumit untuk mengetahui susunan yang terstruktur dalam pengolahan data. Kembali, mungkin bagi sebagian orang tidak cukup hanya dengan penjelasan sekilas, selebihnya harus kembali mempelajari dari modul.

Seperti itulah kuliah tentang Teknologi Informasi yang kami jalani. Semoga dengan ilmu ini, seluruh mahasiswa At-Taqwa College mengenal lebih dalam tentang teknologi yang jika tidak berhati-hati, bisa memanipulasi fikiran manusia. Semoga kami dapat menguasai teknologi informasi dengan baik dan menjadi ilmu yang berguna.

Baru dua bulan kuliah di ATTAQWA College Depok kami sudah mendapatkan bnyak mata kuliah yang cukup berat, tapi sangat bermanfaat, seperti Islamic Worldview, Konsep Ilmu Imam Alghazali, Filsafat Barat, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, Jurnalistik, Pengantar Pendidikan Islam, praktik ibadah dan adab, Tahsinul Quran, Tahfidzul Quran, serta pendidikan jasmani.

Di ATTAQWA College, ada LIMA KOMPETENSI yang harus dikuasai mahasiswa, yaitu (1) adab/akhlak mulia, (2) bahasa Arab dan Inggris, (3) Pemikiran Islam, (4) Teknologi Informasi, dan (5) komunikasi lisan&tulisan. (Depok, 19 oktober 2019).

Muhammad Fadhlan Adzim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *