Peran Muballigh Menghadapi Kontestasi Politik

by
foto:istimewa

 

Badan Koordinasi Muballigh Se Indonesia (BAKOMUBIN) melantik muballigh dan muballighah Provinsi Sumatera Utara.

Wartapilihan.com, Medan –Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi berharap para muballigh dan muballighah Sumut agar meningkatkan peran dan potensi dalam kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Tahun ini, Sumut menggelar pemilihan
gubernur, bupati dan walikota. Saya percaya muballigh maupun muballighah memiliki peran yang besar agar Pilkada serentak tersebut sukses,’’ ucap Tengku Erry usai memberi sambutan dalam silaturahmi Muballigh-Muballighah dan pelantikan pengurus Badan Koordinasi Muballigh Indonesia (Bakomubin) Sumatera Utara di Gelanggang Remaja Medan, Sabtu (17/2).

Disamping itu, lanjut Tengku Erry para muballigh dan muballighah harus berbuat sesuatu sangat bermanfaat untuk kemaslahatan umat, agar umat Islam mampu menjadi penggerak, pendorong dan pengendali moral dan nurani bangsa terutama dalam menghadapi perkembangan global di masa datang.

Untuk itu, Tengku Erry berpesan kepada para pengurus Bakomubin Sumut yang dilantik periode 2017-2022, yang telah menerima amanah haruslah dapat bekerja keras dengan penuh rasa ikhlas dan tanggung jawab sehingga kepercayaan yang diberikan akan bermanfaat bagi organisasi dan masyarakat pada umumnya.

“Selain menjadi pembinaan keagamaan umat, muballigh juga terus membina hubungan kemitraan yang harmonis dan elemen masyarakat lainnya dalam memberi semangat baru pembangunan keagamaan di Sumut,” saran dia.

Ia menandaskan, pada era globalisasi ini, para muballigh dan muballighah dituntut untuk terus berpacu meningkatkan ilmu pengetahuan, kemampuan dan keterampilan dalam upaya meningkatkan kualitas dan peran sertanya dalam pembangunan.

“Untuk itu diharapkan para muballigh dapat meningkatkan kualitas keimanan masyarakat bahwa ajaran Islam sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman, sebab berbagai tantangan dan hambatan yang kita hadapi baik sekarang maupun masa mendatang,’’ tutupnya.

Sementara itu, Ketua DPW Bakomubin Provinsi Sumatera H Ardiansyah Saragih mengatakan peran mereka tidak hanya memberi dan membentuk karakter Islam kepada umat juga memperbaiki akidah baik dalam kota hingga ke pelosok desa.

“Kita akan menyebarkan ajaran Islam ke seluruh tempat bahkan ke pelosok desa, untuk itu kami juga butuh dukungan semua lembaga termasuk pemerintah dalam syiar Islam mulai dari kota hingga ke pelosok desa,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum DPP Bakomubin Pusat Dedi Ismatullah, bahwa kondisi akidah umat sekarang ini sangatlah penting, peran muballigh tidak hanya memperbaiki akidah umat juga sebagai wadah menyatukan paham antara organisasi besar Islam

“Peran muballigh tidak hanya menyebar kalimatullah yakni sampaikan meski hanya satu ayat, tapi juga mengaktualisasikan nilai-nilai ayat suci Al-Qur’an dan konstitusi dalam bingkai
NKRI,” paparnya.

Selain memperbaiki akidah, dan menyatukan ormas Islam juga, Bakomubin berperan mengawal kehidupan berbangsa. Sebab, kata Dedi gerakan muballigh juga memiliki kewajiban dalam bela negara dan mengawal empat pilar MPR RI. Setelah pelantikan di adakan pembekalan 4 pilar Kebangsaan oleh ketua Komisi VIII DPR RI Ai Taher Parasong.

Ikut serta dalam rombongan DPP BAKOMUBIN Hj Syarifah Balqis Al Qadri sebagai wakil ketua Umum, Abdurrahman Tardjo sebagai Sekjend, Yanuar Amnur sebagai ketua bidang Organisasi, Dra Fatmawati wakil ketua bidang pengabdian masyarakat dan M. Harry Naldi sebagai Ketua Bidang Humas dan Infokom. Setelah Sumut, DPP BAKOMUBIN akan melantik pengurus di Provinsi Bali, Lampung, dan Sulteng di bulan Maret.

Ahmad Zuhdi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *