Bersabar Dan Bersyukur Atas Setiap Keadaan

by

“Kita juga tidak dapat langsung menghakimi karena perbuatan maksiat suatu golongan. Itu saya rasa kurang bijak. Tetapi mari sama-sama menjadi momentum perbaikan diri kita,” ujar Muzammil.

Wartapilihan.com, Jakarta — Qari muda Muzammil Hasballah mengapresiasi kegiatan dzikir nasional yang diselenggarakan oleh Republika di Masjid At-Tin, Taman Mini, Jakarta Timur. “Ini merupakan kegiatan yang positif,” ujarnya.

Lebih lanjut, Muzammil menjelaskan, acara dzikir nasional bukan dalam rangka menyambut tahun baru atau merespon pergantian. Melainkan karena 1 Januari merupakan hari libur nasional, maka tak salah diisi dengan kegiatan bermanfaat.

“Mudah-mudahan ada hikmahnya buat kita semua. Kita hadir di Majelis Ilmu, ada para ulama. Semoga ilmu dan ketaqwaan kita meningkat,” tuturnya kepada Warta Pilihan.

Mengenai musibah yang menimpa bangsa Indonesia, kata Muzammil, hal itu merupakan teguran kepada Allah bukan hanya untuk para korban tetapi juga untuk seluruh umat manusia untuk lebih meningkatkan kualitas iman dan amalnya.

“Bagi kita orang beriman ketika diuji musibah, maka sabar dan syukur merupakan kunci. Kita juga tidak dapat langsung menghakimi karena perbuatan maksiat suatu golongan. Itu saya rasa kurang bijak. Tetapi mari sama-sama menjadi momentum perbaikan diri kita,” ungkapnya.

“Maka, tugas kita untuk saling mengingatkan. Dakwah itu bukan hanya tugas para ulama. Dai tidak harus jadi ulama. Jadi dengan berbagai kapasitas keilmuan yang kita miliki seperti teman-teman jurnalis juga merupakan bagian dari dakwah,” imbuhnya.

Meski bukan seorang yang menguasai ilmu agama, Muzammil menyebut kemampuan dirinya sebagai arsitek dan qari semoga dapat menjadi wasilah dakwah .Ia berharap setiap yang mendengarkan irama merdunya mendapatkan inspirasi kebaikan.

“Sehingga mereka lebih giat untuk berinteraksi dan menghafal Al-Qur’an. Saya hanya musababnya saja. Nanti mereka dapat belajar lebih kepada ulama yang fasih,” tandasnya.

Adi Prawira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *