Tuding Tim Mawar Terlibat Rusuh, Tempo Dilaporkan ke Dewan Pers

by

Rencananya, pekan depan akan dilakukan sidang ajudikasi.

Wartapilihan.com, Jakarta — Wakil Ketua Dewan Pers, Harry CH Bangun menerima langsung pengaduan yang disampaikan kuasa hukum Tim Mawar. Mereka merasa keberatan atas berita Majalah Tempo yang mengatakan Tim Mawar berasa di balik kerusuhan aksi 21-22 Mei beberapa waktu lalu di depan Gedung Bawaslu.

Kuasa hukum mantan komandan Tim Mawar Chairawan, Herdiansyah, menyatakan, pemberitaan tersebut menyudutkan Tim Mawar. Padahal Chairawan tidak terlibat pada aksi tersebut.

“Di sini beliau merasa dirugikan secara pribadi,” ujar Herdiansyah di Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (12/6).

Herdiansyah berharap Dewan Pers memberikan teguran dan sanksi kepada media tersebut karena diduga keluar dari pakem dan disiplin jurnalistik. “Kami minta Dewan Pers segera menindaklanjuti,” ujarnya.

Sementara, wakil ketua Dewan Pers, Ahmad Djauhar menyebut upaya melapor ke Dewan Pers atas keberatan terhadap suatu pemberitaan merupakan prosedur yang benar. Ia mengatakan, Dewan Pers akan segera melakukan sidang pada Selasa (18/6) mendatang.

“Jika tidak ada hambatan, pekan depan akan digelar sidang adjudikasi Dewan Pers,” ujar dia.

Usai melaporkan dari Dewan Pers, kuasa hukum beserta mantan komandan Tim Mawar akan melaporkan beberapa akun kedua sosial ke Bareskrim Mabes Polri. Mereka menduga sejumlah media sosial yang dilaporkan melanggar UU ITE.

Adi Prawiranegara