Relawan ANNAS Kembali ke Bandung

by
Tim relawan ANNAS. Foto: Tardjono Abu Muas

Kondisi para relawan yang baru tiba dari Lombok tampak masih segar-bugar walau selama 2 pekan mereka harus bahu membahu membantu para korban gempa di kamp-kamp pengungsian.

Wartapilihan.com, Jakarta —Setelah menjalani tugas 14 hari sebagai relawan pascagempa di Lombok, tim relawan Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS) Pusat tahap I tiba kembali di Bandung lewat Bandara Husen Sastranegara, Kamis (13/9) malam. Kepulangan tim relawan ANNAS I setelah tim relawan ANNAS Pusat tahap II tiba di Lombok sehari sebelumnya untuk melanjutkan program-program bantuan pascabencana.

Adalah Reza, salah seorang anggota relawan dari Badan Otonom Generasi Muda (Garda) ANNAS yang lebih khusus menangani trauma healing bersama Abah Dadan, Fikri dan Haryadi mengatakan, kesan selama 2 pekan menghadapi para korban gempa yang mengalami trauma menjadikan dirinya sangat dekat hubungan emosionalnya. Lebih lanjut Reza mengatakan, boleh saja jasad ada di Bandung tapi jiwa tetap di Lombok, tegasnya.

Hampir senada dengan Reza, Ust. Irfan, relawan satu tim dari Badan Otonom Jundullah ANNAS juga merasa sangat dekat hubungan emosionalnya dengan para korban gempa hanya agak sedikit haru tatkala menceritakan pengalamannya saat mendistribusikan air bersih dengan menggunakan tanki air yang difasiltasi oleh Dinas PUPR Kabupaten Lombok Utara.

Lebih lanjut Ust. Irfan mengisahkan, saat mobil tanki air lewat di perkampungan korban gempa tidak sedikit para korban bencana berteriak-teriak sambil melambai-lambaikan tangannya agar mobil tanki berhenti karena mereka ingin mendapat bagian air bersih. Ada yang mengatakan telah beberapa hari bahkan pekanan tidak mendapatkan air bersih.

Ust. Irfan berharap semoga pihak Dinas PUPR dapat menambah beberapa unit mobil tanki air untuk dapat dioptimalkan dalam distribusi air bersih di seputar Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara NTB.

Tim Relawan ANNAS Pusat kerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lombok Utara dalam urusan mobil tanki air, sedangkan kerja sama dengan FTMD-LPPM ITB-YSF-TMT dalam urusan pengolahan dan produksi air bersih.

Tardjono Abu Muas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *