Palestina Kian Memburuk

by
foto:https://www.aljazeera.com/

Blokade Gaza

Situasi yang memburuk di Gaza juga diteliti dalam laporan PBB. “Setelah lebih dari satu dekade di bawah blokade, situasi di Gaza telah memburuk ke titik yang tak tertahankan bagi penghuninya dan tidak bisa dipertahankan untuk masa depan,” kata Gilmore.

“Kisaran dan kedalaman pelanggaran hak asasi manusia di wilayah yang padat ini benar-benar mengkhawatirkan. Sebagian besar penduduk tidak dapat pergi karena pembatasan kebebasan bergerak. Layanan penting seperti yang terkait dengan kesehatan, pendidikan, air dan sanitasi memerlukan listrik yang dapat diandalkan dan terjangkau. Namun hari ini, warga Gaza hidup dengan listrik yang hanya berlangsung hingga 18-20 jam sehari. ”

Menurut laporan, situasi telah membawa sistem kesehatan ke ambang kehancuran, dengan banyak nyawa hilang di sepanjang jalan. Ini telah membuat tugas sehari-hari yang sederhana seperti memasak, mencuci, merawat anak-anak, memanaskan rumah, dan mengunjungi kerabat menjadi tantangan yang rumit dengan dampak yang parah pada semua warga Gaza.

“Kenyataan yang mengerikan ini bagi warga Gaza diakui oleh Israel, dipahami oleh Otoritas Palestina, dan diketahui oleh masyarakat internasional,” katanya.

Israel dan sekutu utamanya – AS dan Inggris – memboikot perdebatan tentang situasi hak asasi manusia di Palestina.

AS sebelumnya mengecam Dewan Hak Asasi Manusia PBB untuk apa yang disebut “bias” perlakuan terhadap Israel. Demikian dilaporkan Al Jazeera.

Moedja Adzim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *