Kajian Pemikiran Islam Legendaris

by
foto:istimewa

Deprecated: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters in /home/wartapil/public_html/wp-content/themes/majalahpro/inc/template-tags.php on line 727

Oleh : Dr Adian Husaini

Dalam Klinik Pendidikan Kita kali ini, Dr Adian menyampaikan tentang adanya sebuah forum ilmu di sebuah perguruan tinggi Malaysia yang ramai peminatnya. Berikut penuturan lengkapnya :

Wartapilihan.com, Depok — Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Teman-teman semua saudara sekalian ketika saya sedang di Kuala Lumpur, sempat menghadiri Program Saturday Night Lecture dari Prof. Muhammad Noor Wan Daud di Casis (Centre for Advance Studies on Science, Islamic, and Civillization ). Itu satu lembaga pendidikan tinggi tingkat S2 dan S3 di Universitas Teknologi Malaysia (UTM). Mereka mempunyai program studi S2 dan S3 yang namanya Casis dulu pendirinya Profesor Muhammad Noor Wan Daud dan beliau sudah pensiun. Tapi ternyata meskipun sudah pensiun Profesor Wan tetap memiliki program bernama Saturday Night Lecture.

Program ini dulu program yang legendaris yang dilakukan oleh Profesor Syeikh Muhammad Naquib Al-Attas guru dari Prof Muhammad Noor Wan Daud pendiri ISTAC. Saya juga dulu kuliah di ISTAC. Saya hadir bersama GM Insists Pak Indra Soepono dan Dr. Muhammad Ardiansyah.

Saya hadir dan saya sangat terkejut ketika memasuki tempat acara itu Masya Allah tempat sudah penuh, mungkin yang hadir itu sekitar 300-400an orang. Artinya untuk kajian ilmiah yang temanya berat membahas tentang worldview, revolusi industri yang keempat, disampaikan dalam bahasa Inggris dan tentang tantangan modernitas. Yang hadir itu ada dari Indonesia, Singapura, Sarawak, ada juga mahasiswa yang bertanya itu dari Turki. Ada juga seorang dosen di samping saya kalau tidak salah dari Afrika, namanya Doktor Sulaiman. Tema yang berat tapi peminatnya luar biasa, sampai penuh. Yang pertama di bulan November juga penuh. Nanti bulan Januari 2018 ada lagi yang ketiga, total ada 4 seri Saturday Night Lecture dari Prof Muhammad Noor Wan Daud. Semoga saya bisa ikut seri yang ketiga dan keempat di bulan Januari dan Februari karena ini acara yang sangat penting sekali.

Kalau kita lihat perkembangan pemikiran islam, saya lihat gagasan besar dari Syeikh Muhammad Naquib Al-Attas tentang adab tentang Islamic Worldview, tentang pendidikan tinggi Islam dan sebagainya sekarang sudah mendapat sambutan yang luas dan peminat yang luar biasa. Insists pun di Indonesia sudah 15 tahun berdiri, sudah menerbitkan majalah Islamia dan alhamdulillah cukup besar sekali minat masyarakat, artinya gagasan tentang adab dan Islamic Worldview, Islamisasi ilmu dan seterusnya sudah semakin bergulir.

Tadi malam Prof Noor menjawab pertanyaan seputar menjawab tantangan modernitas yang cukup dahsyat sekarang ini. II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *