INDHEX 2017: Produk Halal, Penguat Daya Saing

by

Acara yang digelar pada tanggal 16-18 September 2017 bertempat di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta, dibuka secara resmi oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Wartapilihan.com, Jakarta — Dalam rangka edukasi dan promosi produk bersertifikat halal, sebagai lembaga sertifikasi halal berstandar internasional, LPPOM MUI kembali menggelar event tahunan yaitu lNDHEX (Indonesia Halal Expo) dengan mengangkat tema “Meningkatkan Daya Saing Produk Indonesia Melalui Sertifikasi Halal”.

Dalam sambutannya, Mendag mengapresiasi atas upaya kerja keras yang dirintis MUI melalui LPPOM. Namun, terdapat dua hal yang harus di evaluasi. Pertama, kemudahan dalam mengurus sertifikat halal bagi UMKM. Kedua, produk-produk yang diberikan sertifikasi harus memiliki nilai tambah.

“Bapak Presiden memerintahkan saya buka pasar ekspor baru. Untuk tahun ini target kami menyelesaikan tiga target perdagangan. Tahun depan di 13 perjanjian perdagangan kita. Hal yang menjadi prioritas kami adalah tekstil dan produk tekstil,” ujar Lukita di pembukaan INDHEX 2017 bertempat di Gedung Smesco, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (16/11).

Rangkaian kegiatan INDHEX tahun ini berupa pameran produk bersertiiikat halal sebanyak 100 stand, dan berbagai event lainnya seperti Halal Award 2017, penyerahan hadiah Olimpiade Halal 2017, silaturrahmi LPPOM MUI dengan pimpinan perusahaan bersertifikat halal, talkshow, seminar, sena aneka kegiatan lainnya.

“Busana muslim kita mengalahkan negara-negara lain. Di luar itu, pasar domestik cukup besar. Ini adalah tugas kami untuk terus mempersiapkan langkah-langkah penyederhanaan dengan tetap memperhatikan langkah-langkah yang telah di tetapkan,” ungkap Mendag.

“Saya berharap agar proses bagi UMKM terutama produk makanan jadi mohon untuk menjadi prioritas, perlakuan khusus dan percepatan prosesnya. Amanat Bapak Presiden yaitu pembangunan berkeadilan,” tandasnya.

Dalam Indhex 2017 turut digelar berbagai seminar dan pelatihan yang dapat menunjang peningkatan daya saing produk bersertiiikat halal, serta berbagai kompetisi pun digelar, seperti kompetisi memasak, lomba menggambar dan mewarnai, serta fashion show yang didukung oleh produsen kosmetika halal terkemuka, Wardah.

Selanjutnya penyerahan hadiah kepada para pemenang Olimpiade Halal 2017 yang telah dilaksanakan sejak Juli lalu, dan diikuti oleh 13.524 peserta yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia, serta beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Jepang, dan Saudi Arabia.

Bentuk kegiatan lainnya dilaksanakan silaturrahmi dengan pimpinan perusahaan bersertifikat halal, dalam bentuk diskusi panel dengan tema kelanjutan proses serlifikasi setelah penetapan UU Jaminan Produk Halal. Dijadwalkan hadir sebagai pembicara antara lain pimpian dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Badan Penyelenggaran Jaminan Produk Halal (BPJPH), Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM), dan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI).

“Kami berharap, acara ini mampu meningkatkan daya saing produk halal di pasar nasional maupun global, sekaligus meningkarkan kesadaran serta peran stakeholder mengenai halal, dan meningkatkan potensi dan nilai jual produk berserlifikat halal,” tutur Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim.

Acara ini dihadiri oleh produsen produk halal baik intemasional maupun lokal, produsen UKM, instansi pemerintah, komunitas halal serta dihadiri pula oleh stakeholder terkait.

Ahmad Zuhdi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *