Berlomba Menjadi Cawapres adalah Sukses Revolusi Mental

by
foto:istimewa

Oleh : Asyari Usman, Wartawan Senior

Betulkah anggapan atau penilaian sejumlah pihak bahwa Revolusi Mental yang dicanangkan pemerintah Jokowi, gagal? Saya mengatakan tidak gagal. Sebaliknya, sangat sukses. Mau buktinya? Begitu jelas dan tegas.

Wartapilihan.com – Salah satu dari keberhasilan Revolusi Mental itu adalah banyaknya orang yang percaya diri sangat tinggi, bermentalitas baja, dalam mengajukan diri sebagai calon wakil presiden (cawapres). Dari semua parpol bermunculan cawapres. Hampir semua pemimpin partai mengisyaratkan kesiapan mereka untuk mendampingi Jokowi sebagai cawapres di dalam pilpres 2019.

Tidak mudah dan tidak murah untuk mengubah rasa malu menjadi mental baja dalam menyodor-nyodorkan diri menjadi cawapres. Sebab, untuk menjadi cawapres Jokowi diperlukan penghilangan konsep rendah diri dari folder akal sehat seseorang. Ini merupakan perjuangan yang sangat berat. Pejuangan yang memerlukan latihan berat pula agar bisa terhapuskan rasa hina yang muncul dari penyodoran diri itu.

Alhamdulillah, proses penghilangan rasa hina itu telah berhasil dilewati oleh para tokoh muda nasional. Mereka berusaha memukau khalayak agar meyakini bahwa tindakan mereka menghilangkan rasa hina itu bukanlah sesuatu yang terhina. Mereka mencoba meyakinkan publik (meskipun publik tak yakin) bahwa mereka adalah para pelaku Revolusi Mental. Bahwa mereka telah mengubah perasaan segan, perasaan malu, perasaan hina, menjadi mental baja sebagaimana diinginkan oleh penggagas Revolusi Mental.

Misalnya, ada Muhaimin Iskandar (Cak Imin, ketum PKB) yang secara terbuka mengatakan bahwa dia memiliki banyak kelebihan untuk menjadi wakil presiden. Ada Muhammad Romahurmuziy (Gus Romi, ketum PPP) yang tampaknya merasa diperhatikan oleh Jokowi untuk posisi yang sama. Kemudian, ada pula Agus Harimurti Yudhoyono (AHY, putra mantan Presiden SBY) yang memberikan sinyal tentang keinginannya yang sangat besar untuk menjadi cawapres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *