Seruan Forum Pemuda Lintas Agama: Hentikan Genosida Rohingya

by
istimewa

Forum menyatakan tragedi yang menimpa etnis Rohingya merupakan kejahatan kemanusiaan yang dilakukan secara sistematis, terstruktur, massif dan meluas.

 Wartapilihan.com, Jakarta –“Kita tidak bisa diam terhadap praktik diskriminasi dan legalize genocide yang terjadi di Myanmar terhadap etnis Rohingya,”kata Dahnil Anzar Simajuntak Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah bersama Forum Pemuda Lintas Agama di Gedung PP Muhammadiyah hari ini (5/9).

Berulangkali etnis Rohingya mengalami pengusiran, rumah-rumah mereka dibakar dan yang paling menyedihkan anak-anak dan perempuan menjadi korban.

“Sebagai bangsa beradab kami sangat membenci dan mengutuk praktik diskriminasi dan legalize genocide terhadap etnis Rohingya yang dilakukan regim de facto Aung San Suu Kyi,”kata Forum Pemuda Lintas Agama dalam pers rilisnya yang dibagikan di gedung Muhammadiyah.

Selain itu Forum juga menyatakan bahwa tragedi yang menimpa etnis Rohingya merupakan kejahatan kemanusiaan yang dilakukan secara sistematis, terstruktur, massif dan meluas.

“Mendesak kepada PBB agar memberi perhatian serius terhadap kejahatan kemanusiaan praktik genosida yang menimpa etnis Rohingya dan membawa pihak-pihak yang harus bertanggungjawab untuk diadili ke hadapan Mahkamah Kejahatan Internasional.”

Forum juga meminta Komisi Hadiah Nobel untuk mencabut penghargaan Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi.

Selain itu Forum juga mengajak kepada seluruh kelompok agama di Indonesia untuk tidak mengaitkan kelompok ekatrim Buddha di Myanmar dengan umat Buddha lain yang pada dasarnya merawat perdamaian. Apalagi sampai merusak toleransi umat beragama di Indonesia.

Dahnil juga menolak segala bentuk provokasi untuk memperluas dan memindah konflik Myanmar ke Indonesia dengan membenturkan umat Islam dan umat Buddha di Indonesia.

“Saya mendapat kabar pagi ini demo di candi Borobudur dibatalkan dan dialihkan ke Masjid an Nur Magelang. Tanggal 8 September ini saya harus ke sana memberikan ceramah,”kata Dahnil.

Dalam kesempatan itu Ketua DPP Generasi Muda Buddhis Indonesia Bambang Pattijaya, juga mengecam keras kekerasan dan genosida yang dilakukan kepada etnis Rohingya. “Kita meminta praktik penindasan dihentikan di Myanmar,”kata Bambang.

Hadir juga dalam acara itu D Sures Kumar, Ketua DPN Perhimpunan Pemuda Hindu Indinesia, Ahmad Nawawi Ketua DPP Gema Mathlaul Anwar, Suhardi Sukiman Ketua PP Syabab Hidayatullah dan lain-lain. I

Izzadina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *