Menjadi Presiden Amerika

by
Presiden Obama di kantornya White House. Foto : Whitehouse

Wartapilihan.com, Amerika – Manusia baru di Washington ini memiliki pekerjaan paling penting di planet ini, dan itu terakumulasi dari sejumlah kebiasaan, tradisi dan hak istimewa yang berlangsung bertahun-tahun lamanya. Di sini, di ibukota Amerika, Donald Trump akan bersandar.

Bagaimana itu Dimulai

Pelantikan Donald Trump sebagai presiden di Amerika tahun ke 45 akan dilaksanakan pada 20 Januari mendatang. Tetapi hal itu tidak berarti bahwa ia akan bermain golf sampai Barack Obama memberikan kunci kepadanya. Presiden terpilih Donald Trump akan melengkapi 30 posisi di dalam kabinetnya dengan staf-staf di White House sebelum bertempat di Oval Office.

“Terpilihnya presiden baru ialah transisi yang menyebabkan kekacauan yang nikmat… Pasalnya, terlalu jauh juga, terlalu pendek waktu yang dimiliki untuk mempertanggungjawabkan pemerintahan yang paling kuat, terbesar, kompleks dan institusi terpenting di bumi ini,”kata Martin Anderson, penulis buku Revolution: The Reagan Legacy.

Orang-orang di posisi senior bersama staf melakukan pertemuan rutin dan presiden terpilih biasanya menyusun kabinetnya pada hari Natal untuk meredakan pemilihan yang mencemaskan. Memiliki kehidupan sebagai politisi, tidak menjamin diri bisa bangun di pagi hari dengan baik. Richard Nixon setelah terpilih menjadi presiden, semua orang berkunjung ke rumahnya di Georgia. Ronald Reagan didelegasikan untuk memasuki proses “dapur kabinet”.

Setelah nama-nama diputuskan, mereka dikirim ke senat untuk diterima, dimana politik sungguh-sungguh diterapkan. Jika senat tidak menyukai calon dari presiden, mereka akan mendapatkan tugas yang menyiksa, seperti yang terjadi pada Bill Clinton yang memiliki tiga calon dan tertolak. Sebagai perbandingan yang kontras, Nixon diterima seluruh calonnya namun selama 20 menit diskusi terlebih dahulu.

Di samping memilih kabinetnya, Trump akan menerima pelindungan secara nasional dari White House dan menyelesaikan agenda legislatif serta memberikan pidato pelantikan kepada seluruh staf.

Hari-Hari Bekerja di White House

Pernah membayangkan apa yang sebenarnya dilakukan presiden? Barack Obama menceritakan pada koran mingguan (Amerika) pada tahun 2009. “Akulah burung hantu. Kehidupan sehari-hariku: aku bekerja pada pagi hari. Sampai di kantor pada pukul 8.30 sampai 09.00, kemudian bekerja sampai jam 6.30 sore. Kemudian aku makan malam bersama keluarga, dan menidurkan anak-anak pada pukul 8.30. Lalu mungkin aku membaca berita atau membereskan kertas kerja sampai pukul 11.30. Setelah itu biasanya aku punya waktu satu jam untuk membaca sebelum tidur pada tengah malam sekitar jam 12.30 atau kurang dari itu.”

Karena waktu yang banyak terpakai di pekerjaan, sangat sedikit tipe presiden yang membawa hobinya ke tempat kerja. Dwight Eisenhower membangun taman hijau di White House pada tahun 1954. Kennedy membangun tempat renang, Truman membangun tempat bermain bowling dan Obama menambahkan lapangan basket. Selain itu ada juga bioskop privat, di mana presiden dapat menonton film-film baru sesuai permintaannya.

Secara teknis tidak ada batas liburan bagi Presiden, mereka akan tetap mendapatkan keamanan setiap pagi dan selama berjalan-jalan di sekitar Amerika Serikat (dan negara lain).

Apakah Presiden Membawa Uang Cash?

“Semuanya tersedia sehingga mereka tidak membutuhkan uang lagi,” ucap Thomas Whalen dari Boston University. “Kennedy tidak membawa uang kertas, bahkan ketika ia belum menjadi presiden. Temannya akan membayarnya karena hak istimewa yang didapatkannya jika jalan bersamanya.”

Jika ditilik, pelayanan sebenarnya didapatkan dari dompet mereka, dan direimburse ketika tiba di White House, meski presiden sebelumnya waspada jika kamera menyala. Ronald Reagan pernah difoto ketika membayar makanan cepat saji 20 dolar rupiah. George HW Bush menunjukkan kartu kreditnya kepada gadis kecil yang meragukan dirinya sebagai presiden. Yang terbaru, ide tentang presiden yang tidak memerlukan uang cash pernah dijadikan komik, dimana Barack Obama dan Bill Clinton menceritakan bahwa kartu kreditnya tidak diterima di restoran. Ia akhirnya menghampiri istrinya untuk membayarkannya.

Hari Pelantikan

20 Januari nanti akan dipenuhi oleh berbagai kemegahan. Tetapi hanya satu hal yang secara konstitusional dimandatkan, yaitu sumpah jabatan yang harus dibacakan oleh Presiden di tengah hari. Jika diadakan pada hari Minggu, presiden terpilih akan membacakan sumpahnya di Woodrow Wilson pada tahun 1917. Sejauh ini baru hanya tiga presiden yang melakukan pengikraran sumpah pada hari Minggu, yaitu Dwight D Eisenhower (1957), Ronald Reagan (1985) dan Barack Obama (2013). Biasanya sumpah ini dilakukan dengan cara menaruh satu tangan di injil, atau buku lain yang bisa digunakan. Theodore Roosevelt menolak untuk bersumpah di atas Bibel pada tahun 1901, dan John Quincy Adams dan Franklin Pierce bersumpah pada buku hukum. *Sumber : Openskies Magazine, Januari 2017

Penerjemah : Eveline Ramadhini
Redaksi : Nuim Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *