Habib Rizieq Serukan Umat Islam Hadiri Aksi 313

by

Wartapilihan.com, Jakarta – Menjelang Aksi Bela Islam 313 oleh Forum Umat Islam (FUI) di depan Istana Negara, Jum’at (31/3), Kapolda Metro Jaya M. Iriawan mengungkapkan, akan mengakomodasi massa yang akan melakukan unjuk rasa.

“Kita akan akomodir saudara-saudara kita yang berunjuk rasa di depan istana, undang-undang mengatur tentang penyampaian pendapat dimuka umum, jadi kita akan terus melayaninya,” ujar Iriawan di Komplek DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat pada Kamis (30/3).

Selain itu, ia menyerukan peserta aksi 313 besok untuk mentaati peraturan sehingga tidak mengganggu ketertiban umum dan lalu lintas.

“Sekali lagi saya sampaikan, mentaati aturan yang ada, menjaga ketertiban, tidak mengganggu ketertiban umum, sehingga nantinya berjalan dengan tertib, damai, terkendali seperti hari ini,” lanjutnya.

Menurut informasi yang dihimpun Polda Metro Jaya, peserta aksi 313, Jum’at (31/1) diperkirakan sekitar¬†20.000, namun pihaknya masih melakukan pendalaman dari berbagai sumber.

“Jika pergerakan massa sampai saat ini masih kurang lebih sekitar 2.500, tetapi kami akan terus memantau mengingat ada dugaan penggerakan massa dari luar Jakarta,” tandasnya.

Aksi 313 dimulai dengan shalat Jumat di masjid Istiqlal. Setelah itu, massa akan melakukan longmarch dari Medan Merdeka Timur dan melewati Medan Merdeka Barat ke arah patung kuda Monas untuk menuju Istana Negara.

Secara terpisah, Adhyaksa Dault urun bicara terkait aksi 313. Menurutnya, bangsa ini sedang rentan mengalami perpecahan dan disintegrasi disebabkan ucapan petahana (Ahok, red) yang sering mencederai umat Islam.

“Waduh saya tidak mau bicara aksi 313 terlalu banyak lah, yang penting bangsa ini menjaga persatuan dan kesatuan, karena sedang rentan dan juga saya mohon para pemimpin itu (Ahok, red) menjaga mulutnya agar tidak terus-menerus menjadi konflik,” tegas mantan Kemenpora era SBY ini.

Ia menilai, kondisi bangsa yang sedang rentan persatuan terjadi karena petahana sering masuk wilayah yang bukan wilayah dia, yaitu wilayah agama.

“Kita sebagai umat Islam pasti ketersinggungan, itu saja yang saya dapat harapkan mudah-mudahan tidak terulang lagi,” pungkasnya.

Sementara itu informasi yang didapatkan Wartapilihan, Habib Rizieq Shihab dan Rhoma Irama akan hadir dan memberikan orasi dalam aksi 313 hari ini (31/3). Kini beredar viral di internet, meme Habib Rizieq menyeru agar umat Islam hadir dalam aksi ini. Sebelumnya sebuah media terkenal memberitakan bahwa Habib Rizieq tidak mendukung atau hadir dalam demo di Istiqlal dan Istana Negara hari ini. I

Reporter: Ahmad Zuhdi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *