DORONG MINAT BERWIRAUSAHA MASYARAKAT, DOSEN PRODI MANAJEMEN UNPAM GELAR PELATIHAN UMKM

by

Pada Jum’at dan Sabtu, 25-26 Maret 2022, tim dosen Program Studi Manajemen S1 Universitas Pamulang yang terdiri dari tiga kelompok konsentrasi yaitu SDM, Pemasaran dan Keuangan melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di RT.01 RW.04 Kelurahan Serpong, Tangerang Selatan. PKM sendiri merupakan salah satu bagian Tridarma Perguruan Tinggi yang menjadi kewajiban setiap insan akademisi.

Wartapilihan.com, Jakarta– PKM ini mengangkat tema “Menumbuhkan Minat Wirausaha Dan Strategi Pengembangan SDM Untuk UKM Melalui Pelatihan Pembuatan Minuman Kekinian” menilik pertumbuhan UKM yang mulai ramai pasca pandemi.

Sembilan orang dosen terlibat dalam kegiatan PKM ini. Tim SDM yang diketuai oleh Nopi Oktavianti, S.E., M.M. dengan narasumber Dodi Prasada, S.E., M.M. dan Naria, S.E., M.M., Tim Pemasaran diketuai oleh Aris Arianto, S.E., M.M. dengan narasumber Agus Sudarsono, S.E., M.M. dan Kiki Dwi Wijayanti, SI.Kom., S.E., M.M. Tim Keuangan yang diketuai oleh Yusni Nuryani, S.E., M.M. dengan narasumber Aprilia Astuti, S.E., M.M. dan Yeni Liana Sari, S.E., M.M.

“Dalam kegiatan ini diharapkan UKM pada warga dapat menjadi pengalaman serta dapat diterapkan dalam menjalankan usahanya, sehingga dapat tetap bersaing dengan usaha-usaha lainnya,” ungkap Drs. H. Undang Radiman selaku ketua RW 04 Serpong.

Selain antusias, beliau juga berpesan kepada para warga pelaku UKM untuk serius dalam menjalani program pelatihan dan segera melakukan produksi minuman kekinian ini. Hal senada juga disampaikan oleh Aris Arianto, S.E., M.M dalam sambutan pembukaannya.

Cara pembuatan minuman kekinian didemonstrasikan oleh Naria, S.E., M.M., Yeni Liana Sari, S.E., M.M., Nopi Oktavianti, S.E., M.M., serta dipandu MC Kiki Dwi Wijayanti, SI.Kom., S.E., M.M. Sementara itu, Yusni Nuryani, S.E., M.M. dalam pemaparan materinya menjelaskan tentang pengenalan bahan baku, komposisi, teknis pembuatan, modal usaha dan segala hal yang berhubungan dengan kiat strategi sukses dalam usaha.

Para peserta juga diberikan kesempatan untuk membuat dan mencicipi langsung minuman kekiniannya. Agar makin seru, kegiatan ini pun diisi dengan hiburan yang dibawakan oleh Agus Sudarsono, S.E., M.M., dan Aprilia Astuti, S.E., M.M. Kegiatan PKM diakhiri penutup dan doa yang disampaikan oleh Dodi Prasada, S.E., M.M.

Harapannya akan ada program lanjutan untuk pemantapan proses usaha sehingga adanya kepercayaan diri para warga pelaku UKM dalam menjalankan usahanya.

 

Penulis: Dodi Prasada, S.E., M.M. Dosen Prodi Manajemen S1, Universitas Pamulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *